Berbagi Pengalaman Seputar Dunia Pendidikan dan Guru. Semoga Blog Ini Berguna Untuk Pendidikan Di Indonesia Yang Lebih Maju.

Friday 16 October 2015

Miris Melihat Anak ini Berjualan Kerupuk Keliling Kampung

Lintas Guru - Dila untuk nama panggilannya di kampung. Sore tadi tidak sengaja saya duduk santai di depan rumah terlihat anak kecil yang membawa 2 buah toples besar-besar yang didalamnya berisi kerupuk serta tas plastik hitam untuk tempat uang hasil penjualan krupuknya dan saya pun tercengang melihat anak seumuran dila yang sedang duduk di bangku sekolah dasar kelas 2 sudah mampu berjualan kerupuk keliling kampung.

Dila Anak Penjual Krupuk
Dila Anak Penjual Krupuk
Kampung Dila ini tepatnya di Kecematan Jelai, Kab. Sukamara, Kalimantan Tengah. Kerupuk yang di jual dila tersebut terbuat dari bahan ketela, dengan gula di atasnya, kalau di jawa banyak yang menyebut "krupuk sermier". Satu kerupuk ia jual seharga Rp. 1000. Dila menjual kerupuk tersebut tanpa malu bahkan ia menjualnya mengelilingi kampung sampai ke lorong-lorong dengan berjalan kaki.

Dila Anak Penjual Krupuk
Dila Anak Penjual Krupuk
Dalam hati saya pun merasa kasian, anak seumuran dila tidak pantas untuk melakukan hal yang sepeti itu. dila masih berhak untuk bermain dengan teman-teman seumurannya dan tidak harus di bebani dengan cara sepeti itu. entah apa motif orang tua menyuruh dila sang anak tersebut untuk berjualan entah karena faktor ekonomi atau yang lainnya.

Melihat ketekunan dan kegigihan dila ini saya merasa salut. Jika mngingat masa kecil saya seumuran Dila masih asik bermain dengan teman-teman sebaya, namun dila, Tidak. Kita Do'a kan saja dengan semangat dila yang gigih dan dengan rasa keprihatinannya yang sudah dilalui di masa kacilnya dapat membuat masa depannya menjadi orang yang sukses dan berguna bagi bangsa dan negara.
Facebook Twitter Google+

3 komentar

Semoga semu guru-guru di indonesia juga mempunyai hati malaikat kayak yang punya blog ini, :)

aamiin, semoga dia menjadi anak yang mandiri dan sukses kedepannya.
nggak dikalimantan dan sumatera ada aja anak anak kecil yang seperti dilla -_-

Back To Top